Cara Membuat Bootable Installer Mojave di USB & Hard Drive Eksternal

Rasanya sudah lama sekali sejak Apple mengeluarkan OS baru dalam bentuk fisik. Mac OS X Lion mungkin menjadi yang terakhir yang pernah saya ingat. Namun tetap saja, memiliki perangkat fisik sebagai opsi alternatif adalah salah satu alasan mengapa saya selalu membuat bootable USB drive untuk hampir semua jenis OS yang saya miliki, tak terkecuali macOS Mojave.

Untungnya, membuat bootable drive tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Yang dibutuhkan hanyalah 2 hal penting berikut:

  • Mac dengan akses administrator, yang akan digunakan untuk mengunduh installer macOS Mojave.
  • USB atau hard drive eksternal berkapasitas 8GB atau lebih. USB adalah opsi mudah dan sederhana, yang mudah untuk dibawa bepergian. Namun kecepatannya terkadang kalah dengan hard drive, yang bisa terbagi menjadi beberapa partisi sekaligus, memungkinkan kamu memiliki bootable drive untuk sejumlah OS dalam satu perangkat.

Jika dua hal wajib diatas sudah terpenuhi, maka kamu bisa melanjutkan ke tutorial dibawah, dimana saya akan menjelaskan ke kamu bagaimana cara untuk membuat bootable drive untuk macOS Mojave dalam 3 langkah sederhana.

1. Unduh macOS Mojave

Untuk membuat bootable drive, tentu kita membutuhkan installer macOS Mojave. Kamu bisa mengunduhnya lewat Mac App Store. Proses ini cukup memakan waktu karena ukuran installernya yang cukup besar yaitu sekitar 6GB.

Saya tidak menyarankan kamu untuk mengunduhnya lewat koneksi internet berbasis kuota. Namun jika kamu bersikeras untuk melakukannya, hal itu tidak akan menjadi masalah.

Sembari menunggu unduhannya selesai, mungkin kamu bisa menyiapkan drive yang akan kamu gunakan untuk menjadi bootable. Hubungkan perangkat tersebut ke Mac, lalu ikuti langkah selanjutnya.

2. Format Drive

Melakukan format berarti menghapus isi drive yang akan digunakan untuk menjadi bootable drive. Maka jika kamu masih memiliki file penting pada perangkat tersebut, saya sarankan untuk memindahkannya terlebih dahulu.

Sama halnya jika kamu ingin menggunakan hard drive eksternal. Kamu harus memastikan bahwa hard drive eksternal tersebut telah terpartisi terlebih dahulu. Jika kamu tidak tahu, normalnya, hard drive eksternal hanya akan memiliki satu partisi saja. Kamu harus menambahkan partisi sendiri jika ingin menggunakan hard drive eksternal tersebut bebarengan dengan penggunaan lainnya.

Setelah memastikan bahwa perangkat telah siap untuk di format, silahkan ikuti langkah berikut:

  • buka ‘Disk Utility’ yang terdapat di folder ‘Applications’ pada Mac.
  • pilih drive yang akan digunakan sebagai bootable drive.
  • pilih ‘Erase’ dan beri nama drive sesuai yang diinginkan. Karena kita berbicara tentang Mojave, maka nama ‘Mojave’ mungkin adalah pilihan yang baik disini.
  • pilih ‘Mac OS Extended (Journaled)’ sebagai opsi format dan klik ‘Erase’ sekali lagi untuk memulai proses format.
  • tutup ‘Disk Utility’ setelah proses selesai.

Baca Juga:


3. Membuat Bootable Drive

Setelah macOS Mojave berhasil diunduh, dan kamu sekarang telah memiliki drive yang kosong, maka sekarang waktunya membuat bootable drive untuk macOS Mojave.

Sebagai pengingat, command yang saya berikan dibawah hanya akan bekerja jika installer macOS Mojave yang telah diunduh berada pada folder ‘Applications’ dan drive yang telah di format sebelumnya diberi nama ‘Mojave’. Jika drive yang digunakan mempunyai nama selain ‘Mojave’, maka kamu harus menyesuaikan command dibawah dengan nama drive yang telah kamu pilih.

  • Buka ‘Terminal’ pada folder ‘Utilities’ yang terdapat di folder
    Applications’ lalu ketik,

sudo /Applications/Install macOS Mojave.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/Mojave

  • tekan ‘Enter’ atau ‘Return’
  • jika dibutuhkan, masukkan password dari administrator Mac yang digunakan, lalu tekan ‘Enter’ atau ‘Return’. Saat menuliskan password, adalah wajar apabila Terminal tidak menunjukkan karakter apapun. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu tidak melihat adanya perubahan disana.
  • tekan ‘Y’ untuk mengkonfirmasi bahwa kamu akan melakukan penghapusan drive, lalu tekan ‘Enter’ atau ‘Return’. Terminal akan menunjukan proses pembuatan bootable drive yang sedang berjalan.
  • setelah selesai, bootable drive akan memiliki nama yang sama dengan installer yang telah diunduh sebelumnya, yaitu ‘Install macOS Mojave’.

Sekarang kamu sudah memiliki bootable drive macOS Mojave.

Saya paham apabila pengguna awam mungkin tidak familiar dengan penggunaan ‘Terminal’. Namun menurut saya, ini merupakan cara yang paling cepat dalam membuat bootable drive. Namun jika kamu menginginkan opsi lain, maka aplikasi seperti DiskMaker X atau Install Disk Creator mungkin bisa menjadi pilihan.

Prosesnya membuat bootable drive ini memang cukup memakan waktu, namun paling tidak, kamu tidak perlu mengunduh macOS Mojave dari Mac App Store setiap kali kamu ingin memasangnya di Mac milikmu.


4 Langkah Penting Untuk Menyambut MacOS Mojave


Leave a comment

Your email address will not be published.


*