Dua Pendiri Instagram Mengundurkan Diri, Apa Alasannya?

 Photo by. NYT1
Photo by. NYT

Kevin Systrom dan Mike Krieger, dua pendiri Instagram ini akhirnya resmi mengundurkan diri pada hari Senin, 24 September. Catatan ini dibarikan oleh New York Times. saat ini Kevin dan Mike masih menyelesaikan beberapa hal seputar pekerjaan dan segera meninggalkan kantor dalam beberapa pekan. Mereka berdua tidak menjelaskan secara rinci alasan untuk mengundurkan diri dari Instagram setelah 8 tahun berdiri dan 6 tahun dibeli oleh Facebook.

Kabarnya setelah ini Kevin dan Mike akan mengambil waktu istirahat dan mencari inspirasi. Setelah itu mungkin mereka akan merilis produk baru dengan kreativitas dan rasa ingin tahu yang didapatkan.

“We’re planning on taking some time off to explore our curiosity and creativity again. Building new things requires that we step back, understand what inspires us and match that with what the world needs; that’s what we plan to do.”


Baca Juga:


Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang diberikan oleh Kevin dan Mike selama 6 tahun ini. Dia juga tidak sabar untuk melihat sesuatu yang akan dikerjakan oleh duo pendiri Instagram ini di waktu yang akan datang.

Berpindah ke sumber berita lain, 2 petinggi Instagram ini kabarnya tidak sekedar bosan bekerja saja dan memutuskan untuk keluar. Namun ada alasan rahasia yang membuat Kevin dan Mike memutuskan untuk hengkang yaitu kebebasan mereka dari campur tangan Facebook yang semakin dilemahkan.

Dikutip dari TechCrunch, Facebook selama ini setuju untuk membeli Instagram dan memberikan kebebasan kepada mereka dalam mengembangkan produknya. Namun di bulan Mei 2018 lalu, Adam Mosseri (VP of Facebook News Feed) dimasukkan ke dalam tim pengembangan produk Instagram untuk menggantikan Kevin Weil.

…tension had mounted this year between Instagram and Facebook’s leadership regarding Instagram’s autonomy.

Setelah hal tersebut, kabarnya ada banyak hal yang membuat Instagram secara tidak langsung menjadi alat pendorong untuk menaikkan jumlah pengguna Facebook. Hal ini diketahui dari sejumlah fitur dalam tahap uji coba yang menampilkan koneksi antara Instagram dan Facebook, terutama yang mengajak pengguna Instagram untuk mengecek aplikasi Facebook secara lebih sering.

Tidak sampai disitu, Facebook juga terus mengambil para petinggi Instagram untuk dibawa ke pengembangan produknya. Bahkan saat Facebook mengambil COO Instagram Marne Levine, tidak ada pengganti yang segera diberikan. Hingga akhirnya muncul opini bahwa jabatan ini akan diberikan kepada Adam Mosseri, salah satu kesayangan Mark Zuckerberg. Hingga akhirnya kini Kevin dan Mike keluar dari Instagram, banyak pihak internal yang merasa bahwa Adam Mosseri tidak bisa menggantikan posisi mereka dengan maksimal.

Selain petinggi Instagram, CEO WhatsApp juga sudah mengundurkan diri dari jabatannya dan memilih untuk rehat. Kabar yang pernah tersiar adalah Facebook ingin semakin dalam terhubung dengan WhatsApp dan mulai mengabaikan privasi pengguna.


Instagram Kerjakan Aplikasi Baru dengan Fitur Belanja


Leave a comment

Your email address will not be published.


*