Inilah Sejarah dan Keunggulan Toyota Ft86

tutorial89.com | Pada dahulu era tahun 90an, jagat otomotif di Asia khususnya di Indonesia dihebohkan dengan lahirnya Toyota Supra, namun sayang produksi dari mobil tersebut dihentikan pada sekitar tahun 2002. Tetapi kini Toyota Auto2000 menghadirkan kembali mobil bertipe sport terbarunya yaitu Toyota 86 atau kita kenal dengan nama Toyota FT 86.

Untuk proses pembangunan mobil ini Toyota Motor Corporation juga bekerjasama dengan salah satu brand ternama dunia yaitu Subaru alias Fuji Heavy Industries. Untuk sebutan alias namanya sendiri, mobil ini dikenal dengan banyak nama di seluruh penjuru dunia. Untuk pasaran Asia, Afrika Selatan, Amerika Selatan dan Australia mobil ini dikenal dengan nama Toyota 86.

Inilah Sejarah dan Keunggulan Toyota Ft86
Gambar Ilustrasi

Kemudian untuk pangsa pasar Eropa mobil ini bernama Toyota GT 86 dan untuk wilayah Jamaica mobil ini juga dikenal sebagai Toyota FT 86. Namun beberapa pecinta otomotif di seluruh dunia juga mengenal mobil ini dengan nama Subaru BRZ (lebih condong ke pelafalan brand Subaru).

Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat dan Canada, mobil ini dikenal dengan nama yang sedikit berbeda yaitu Scion FR-S. Dan juga berbeda di tanah kelahirannya, mobil yang diproduksi masal pada bulan Januari 2012 di Ota, Gunma, Jepang ini lebih dikenal dengan sebutan Toyota Hachiroku.

Mengapa disebut dengan nama Toyota Hachiroku?

Inilah Sejarah dan Keunggulan Toyota Ft86
Gambar Ilustrasi

Nama Hachiroku sendiri merupakan bahasa Jepang yang berarti angka 8 dan angka 6. Hachi yang berarti 8 dan Roku yang berarti 6, jadi kalau digabungkan hachiroku berarti 86 (delapan puluh enam). Penamaan ini juga mengacu pada mobil keluaran Toyota yang melegenda di Jepang yaitu Toyota AE86, dimana mobil Toyota AE86 sendiri terkenal sebagai mobil drift sport bertipe hatchback. 

Toyota AE86 sendiri dipasaran luas dikenal dengan nama Toyota Sprinter dan Toyota Corolla Levin pada tahun 1983 sampai dengan tahun 1987. Maka dari itu, Toyota bekerja sama dengan Subaru membangun penerus mobil legenda ini dan terciptalah Toyota 86.

KEUNGGUlAN TOYOTA FT 86

Toyota FT 86 sendiri memiliki ukuran yang terbilang cukup mungil untuk kelas mobil sport yaitu dengan panjang 4,240 meter, lebar 1,775 meter dan tinggi 1,285 meter saja. Sedangkan jarak poros rodanya adalah 2,570 meter dan untuk jarak pijak alias threadnya sekitar 1,5 meter.

Sementara itu untuk soal mesin, Toyota FT 86 ini menggunakan dua tipe mesin yaitu Manual dan Automatic. Kedua mesin tersebut berjenis Boxer dengan 4 silinder DOHC dengan tipe mesin 16 Valve DOHC D-4S. 

Nah, untuk beberapa spesifikasi detail dari mobil ini sudah kita bahas beberapa waktu yang lalu, maka kali ini kita akan membahas soal beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Toyota FT 86.

Aerodynamic Sandwich Concept

Mobil yang memiliki koefisien drag (Cd) sebesar 0,27 ini sejatinya sengaja didesain khusus untuk membelah udara dengan tahanan yang sangat minim. Dengan Curve Hood dan desain atap yang khusus, mobil ini mampu untuk mengurangi aliran udara yang terhambat mengalir. 

Sedangkan pada daerah bawah mobil didesain sedemikian rupa untuk mendukung efek aerodynamic saat berkendara atau melakukan aksi drifting. Selain itu, pada bagian bawah yang didesain khusus tersebut mampu mengalirkan udara yang cukup ke kaliper rem depan, sehingga mampu membantu mengurangi panas berlebihan pada disc brake saat pengereman.

Rear Wheel Drive

Mobil ini didesain dengan front engine dan rear wheel drive yang mana titik keseimbangannya lebih stabil dan mampu memberikan grip yang lebih maksimal saat drifting atau sekedar menikung di tikungan tajam.

6 Speed

Semua tipe dari Toyota FT 86 ini baik Manual atau Automatic telah dibekali dengan transmisi 6 kecepatan. Gearbox dari mobil ini sendiri didesain oleh seorang spesialis transmisi yang bernama Aisin. Aisin sendiri yakin dengan desainnya tersebut mampu membuat sensasi berkendara mobil sport yang lebih gahar.

Kemudian rasio gear yang lebih dioptimalkan diharapkan mampu mengeluarkan performa yang lebih maksimal dari setiap tetes bahan bakar yang dikeluarkan.

Dynamic Stability Control

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan sistem Toyota Dynamic Vehicle Stability Control dimana sistem tersebut dapat memberikan 5 mode mengemudi yang berbeda daripada settingan biasa dengan cara mengontrol setting Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control Support.

Paddle Shift Tech

Untuk tipe Automatic, mobil ini dilengkapi dengan tambahan paddle shift switch pada lingkar setir. Jadi ketika kalian berada dalam posisi gear M Range, kalian juga dapat memindahkan gigi secara manual dengan menggunakan shift switch tersebut.

Toyota Shift Precision Control

Fitur ini dapat memberikan respon yang lebih cepat saat melakukan perubahan gigi. Saat kalian berada dalam posisi M Range dan Sport Mode, fitur ini akan membantu mesin untuk lebih cepat merespon saat melakukan perpindahan gigi.

Suspension

Untuk masalah suspensi, Toyota FT 86 ini telah didesain seringan dan sekaku mungkin agar kalian mendapatkan kelincahan dan juga dapat lebih stabil saat melakukan berbagai manuver di jalanan, baik tikungan biasa ataupun drifting atau bahkan saat melaju dalam kecepatan tinggi. 

Mobil ini sendiri untuk suspensi bagian depan menggunakan McPherson Strut dan untuk suspensi belakang menggunakan Double Wishbone.

Torsen Limited Slip Differential

Fitur ini telah disematkan pada semua tipe Toyota FT 86, baik Manual ataupun Automatic. Fitur Torsen Limited Slip Differential ini akan membuat mobil lebih responsif dan juga meningkatkan akselerasi saat berada di tikungan, maka dari itu tidak heran bahwa di beberapa video terpampang Toyota FT 86 yang mampu melakukan drifting dalam kecepatan 275 km/jam.


Leave a comment

Your email address will not be published.


*