Teknologi T2 Security Chip Mencegah Hacker Mencuri Dengar Lewat Mikrofon di MacBook

Ada satu hal yang disembunyikan Apple dibawah perisai aluminium yang melindungi lini komputer Mac milik mereka baru-baru ini. Adalah T2 security chip yang tersemat di dalam MacBook Pro 2018 dan pada MacBook Air terbaru yang mereka umumkan pada Apple Event 30 Oktober kemarin.

Kotak kecil berbentuk seperti biskuit tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah para hacker atau mata-mata yang mencoba mencuri dengar suara di sekeliling pengguna lewat mikrofon yang ada pada setiap MacBook. T2 security chip juga membantu perangkat untuk melindungi kunci enkripsi perangkat, tempat penyimpanan, data sidik jari serta fitur secure boots.

Penjelasan fitur T2 security chip didapat dari dokumen panduan keamanan yang telah dirilis Apple baru-baru ini.

This disconnect is implemented in hardware alone, and therefore prevents any software, even with root or kernel privileges in macOS, and even the software on the T2 chip, from engaging the microphone when the lid is closed,”

Sedangkan untuk akses kamera, Apple mengatakan bahwa hal itu tidak diperlukan. Alasannya, ketika pengguna menutup MacBook akses kamera secara otomatis terhalang.

Baca Juga:


Aksi hacker yang bisa mendapatkan akses webcam di laptop pengguna menjadi ancaman nyata dimulai dari beberapa tahun lalu. Pada saat itu, remote administration tools (“RATs”) digunakan secara ilegal oleh orang yang tidak bertanggung-jawab untuk mengakses webcam laptop secara tersembunyi. Itulah yang menyebabkan dimulainya tren menempelkan sticker atau selotip di webcam menjadi salah satu solusi pada saat itu.

Kamera yang ada di webcam milik Apple bekerja sedikit berbeda. Apple telah menyematkan lampu yang akan menyala bersamaan dengan aktifnya webcam pengguna. Hal ini mempersulit pekerjaan hacker karena pengguna yang menjadi sasaran pasti mengetahui bahwa ada akses tidak dikenal masuk ke dalam Mac.

Alasan tersebut membuat pengguna Mac masih bisa merasa aman. Sampai pada tahun lalu ketika Patrick Wardle menemukan sebuah malware Fruitfly yang mematahkan fakta tersebut.

Wardle akhirnya membuat Oversight, sebuah aplikasi yang berguna untuk memberi tahu pengguna ketika webcam dan mikrofon di laptop mereka telah diaktifkan. Namun tetap, Oversight bukan sebuah solusi, melainkan pencegahan saja. Aplikasi tersebut tidak bisa mencegah mikrofon untuk mendengar suara di sekelilingnya.

Lewat T2 security chip, Apple secara nyata telah mencegah terjadinya hal tersebut, yang memastikan mikrofon telah terputus ketika pengguna menutup laptopnya.


(Video) Gelombang Pertama Unboxing MacBook Air Retina Display


Leave a comment

Your email address will not be published.


*