Video Kursus Microsoft word online part5 (bulet, numbering, nama abjad, tulisan vertikal)

Kursus microsoft word | Bagaimana sobat, sekarang sudha bisa dong membuat table dan mendesainnya di Microsoft word ini. Kan caranya dah dikasih tahu dan ternyata membuat table di Microsoft word itu sangat mudah sekali. Bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara membuat table, silahkan mampir dulu ke kursusu Microsoft word part keempat. Disana sobat akan menemukan bagaimana cara membuat table di Microsoft word.

Nah, dipertemuan kali ini kita akan beranjak ke tutorial Microsoft word part5 yang tentunya lebih seru lagi. Kita akan belajar bagaimana cara membuat bullets and numbering secara otomatis. Selain itu kita juga akan belajar bagaimana mudahnya membuat daftar nama berurutas sesuai abzad dan juga kita akan belajar membuat tulisan vertical. Jika sobat tertarik, yuk kita langsung saja bahas satu persatunya.


Video Kursus Microsoft word online part5 (bulet, numbering, nama abzad, tulisan vertikal)

1. Membuat bullets dengan icon cantik

Saya sendiri sebenarnya tidak begitu mengerti mengapa trik ini dinamakan bullets. Karena yang saya tahu bullets itu artinya peluru. Entahlah. Hehehe

Tetapi ketika kita ngomongin bullets dalam document Microsoft word. itu artinya, kita memberikan icon icon kecil disamping kalimat baris pertama. Bullets ini bentuknya macem-macem. Yang umum biasa dipakai dalam penulisan buku biasanya; tanda strip, tanda centang, tanda panah. Namun disini sobat juga bisa menggantinya dengan icon icon lucu. Bahkan sobat bisa mengganti bullets itu dengan logo sobat.

2. Membuat nomor urut otomatis

Jika di pelajaran pertama tadi kita bingung mendefinisikan apa yang akan kita pelajari, di pelajaran kedua ini kita lebih mudah dan langsung faham apa maksudnya. Yaitu membuat nomor urutan otomatis disetiap awal kalimat baris pertama.

Sebenarnya membuat bullets dan menambahkan nomor urut otomatis ini maksudnya sama. Hanya saja, jika bullets itu yang berada di samping tulisan berupa icon icon sedangkan nomor urut itu berupa nomor.

Trik ini sangat berguna sekali ketika sobat ingin membuat daftar nama yang membutuhkan penomoran. Terutama jika jumlahnya sangat banyak sekali. Kebayang dong, jika harus membuatnya dengan cara manual. Selain melelahkan kemungkinan untuk salah memberi nomor juga besar.

O iya. Nomor di sini tidak hanya terbatas pada nomor latin yang 1,2,3 dst ya. Kita juga bisa menggantinya dengan abzad, angka romawi, angka arab, abzad arab dan lain-lain. Pokonya banyak deh. Jika sobat sering menggunakan Microsoft word, rugi kalau kaga ngerti trik ini.

3. Membuat nomor urut otomatis dalam sebuah table

Jika dipelajaran 2 kita membuat nomor otomatis dalam teks biasa, di pelajaran ketiga ini kita akan membuat nomor otomatis dalam sebuah table. Sebenarnya sih sama aja.

Cuma jika sobat ingin membuat nomor urut otomatis dalam sebuah table, terlebih dahulu sobat harus memblock kolom yang ingin ditempatkan nomor urut. Baru deh sobat masukan nomor urut otomatisnya. Jika tidak begitu, sobat tidak akan pernah bisa membuat nomor urut otomatis.

4. Mengurutkan nama sesuai abjad

Nah, pelajaran itu adalah pelajaran yang tidak kalah serunya dari pelajaran sebelumnya. Dan ini adalah merupakan pelajaran lanjutan.

Sobat pasti pernah dong sekolah?. Dulu waktu kita sekolah, kita sering mendapati daftar absen. Di dalamnya terdapat nama-nama dari kelas tersebut. Kalau kita perhatikan, ternyata nama-nama itu berurutan sesuai abzad.

Kebayang kaga, jika pak guru yang membuat daftar nama absensi itu harus mengurutkannya secara manual. Pasti akan sangat merepotkan sekali. Untungnya, pak guru tidak melakukan itu semua dengan cara manual, tapi dengan cara otomatis tinggal beberapa klik. Langsung deh jadi.

Teknik itulah yang akan kita pelajari dalam pelajaran ke-4 ini. Selain lebih cepat, hasilnyapun lebih rapi daripada membuatnya dengan cara manual.

5. Membuat tulisan vertical di ms word

Biasanya, kalau kita mengetik di document Microsoft word, tulisan yang akan kita ketik adalah berupa tulisan horizontal atau mendatar. Akan tetapi kebiasaan itu tidak menutuk kemungkinan akan kebutuhan kita mengetik dalam posisi vertical. Untuk itulah pelajaran ke-5 ini dibuat.

Salah satu manfaat dari trik membuat tulisan vertical ini, kita bisa membuat tulisan miring atau vertical pada pinggiran buku jika kita ingin membuat cover buku di microsfot word. karena mau tidak mau tulisannya harus miring.

Jadi, walaupun trik ini jarang sekali orang menggunakannya, tapi dengan memahami trik sederhana ini, sobat tidak akan dipusingkan jika suatu saat butuh.

Walhasil, kelima pelajaran di atas masuk dalam materi yang akan kita bahas di kursus computer Microsoft word ini. Semuanya bisa sobat tonton dan pelajari video berikut ini.


Leave a comment

Your email address will not be published.


*