Video Kursus Microsoft word online part9 (Mengatur heading dan daftar isi)

Kursus microsoft word | Membuat footnote atau catatan kaki di document Microsoft word ternyata tak sesulit yang mereka katakana. Dengan mengetahui dasar membuatnya, hal itu bisa kita lakukan bahkan semudah kedipan mata. Jika sobat masih merasa kebingungan bagaimana cara membuat footnote atau catatan kaki di document Microsoft word, saatnya berhenti sejenak dan coba tengok kembali pelajaran kita sebelumnya di kursus microsfot word pertemuan ke-8 kemarin. Jika sudah faham, saatnya kita naik ke pelajaran berikutnya.

Di kursus computer Microsoft word pertemuan kesembilan ini kita akan mulai masuk pengaturan daftar isi. Namun sebelum kita membuat daftar isi ada beberapa hal yang harus kita persiapkan agar daftar isi yang kita buat bisa tersusun rapih dan pastinya secara otomatis. Apa saja itu, mari kita simak sama-sama.

Video Kursus Microsoft word online part9 (Mengatur heading dan daftar isi)

1. Cara mengatur heading untuk setiap judul

Kalao kita membaca kata heading, mungkin terlihat mirip dengan header pada pembahasan yang telah lalu. Memang sih sama-sama diambil dari kata head yang berarti kepala. Akan tetapi jika dipraktekan dalam document Microsoft word, ternyata antara heading dan header itu memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Lalu apa itu heading? Ya, heading adalah sebuah pengaturan yang biasa digunakan untuk judul sebuah buku. Sama seperti judul sebuah buku yang memiliki tingkat-tingkat. Heading juga seperti itu. Heading 1 digunakan untuk judul. Heading 2 digunakan untuk sub judul dan begitu seterusnya.

Sekarang, apa manfaat dari pengaturan heading ini? Tentu saja banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat yang paling terasa adalah ketika sobat ingin membuat daftar isi otomatis di document Microsoft word. tanpa pengaturan heading, sobat tidak akan bisa membuat daftar isi otomatis di Microsoft word ini. So, jangan sampai sobat melewatkan pelajaran mengataur heading ini.

2. Membuat daftar isi otomatis di Microsoft word

Nah, setelah kita sukses mempelajari pengaturan heading di pelajaran pertama, saatnya sekarang membuat daftar isi otomatis. Dengan teknik daftar isi otomatis ini, sobat tidak perlu lagi mengetik manual setiap judul dalam document microsoft word.

Selain tidak perlu mengetik manual judul-judul yang akan ditampilkan di daftar isi, sobat juga tidak perlu lagi melihat nomor halaman dan titik-titik yang biasa ada dalam daftar isi. Semuanya bisa diatur secara otomatis dengan hanya beberapa settingan saja. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu dan tentunya hasil dari pembuatan daftar isi otomatis ini akan lebih rapih.

3. Mengedit daftar isi yang sudah jadi

Setelah kita membuat daftar isi otomatis, terkadang ada sesuatu hal yang ingin kita ganti atau rubah. Seperti nama judul yang ditampilkan di daftar isi, atau hanya sekedar merubah nomor halaman dikarenakan ada pengeditian tambahan.

Jika hal itu terjadi pada sobat, kita bisa langsung mengeditnya dengan hanya mengedit nomor halamannya saja. Atau mau mengedit keseluruhan termasuk tulisan yang ada di daftar isi. Semua itu bisa kita lakukan.

4. Mendesain daftar isi agar lebih menarik

Setelah daftar isi dirasa cukup, sepertinya tidak akan sempurna tanpa sentuhan desain yang keren. Dengan mendesain daftar isi document Microsoft word, daftar isi yang kita miliki tidak hanya rapih tapi juga terlihat lebih menarik dengan sentuhan desain yang memukau.

Namun perlu saya ingatkan kembali disini, desainlah daftar isi secukupnya dan sesuaikan dengan tema tulisan yang sobat buat. Jangan sampai maksud hati ingin terlihat keren, tapi karena tidak sesuai dengan tema tulisan akhirnya malah terlihat norak. So,… pandai-pandailah mengkombinasikan dsain daftar isi ini dengan tema tulisan yang sobat miliki.

Keempat pelajaran di atas bisa sobat dapatkan semuanya di dalam video berikut ini. Semoga bermanfaat.


Leave a comment

Your email address will not be published.


*