Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 21 – Instantiate

Instantiate secara sederhana digunakan untuk membuat Clone dari objek game.

MULAI

Tutorial kali ini momon akan membuat contoh dari konsep peluru/tembakan ketika klik kiri ditekan.



1. Tambahkan objek Sphere dan ubah namanya menjadi “Peluru”, kemudian tambahkan juga objek kosong, beri nama “Posisi Awal”, Create – Empty. Posisi awal ini akan menjadi posisi awal keluarnya peluru.

2. Buat 3 buah folder (Prefabs, Scripts, Scenes).

3. Masuk ke folder Scripts, buat C# Script baru beri nama “LatihanInstantiate”

4. Tambahkan script “LatihanInstantiate” ke objek “Posisi Awal”.

Folder “Prefabs” digunakan untuk menyimpan objek yang sudah dimodifikasi di jendela game.



Langkah selanjutnya adalah masukkan objek peluru dari jendela Hirarki ke Folder Prefabs. Karena objek peluru di hirarki sudah tidak terpakai, boleh dihapus.



Klik objek peluru di folder Prefabs dan tambahkan komponen Rigidbody.

Jika persiapan sudah selesai, buka script “LatihanInstantiate” dan tambahkan script berikut :

A. LatihanInstantiate.cs

using UnityEngine;

using System.Collections;

public class LatihanInstantiate : MonoBehaviour {

                public Rigidbody peluru;

               

                void Update(){

                                if(Input.GetButtonDown(“Fire1”)){

                                                Rigidbody peluruBaru;

                                               

                                                peluruBaru = Instantiate(peluru, transform.position, transform.rotation) as Rigidbody;

                                                peluruBaru.velocity = transform.TransformDirection(Vector3.forward * 10);

                                }

                }

}

Penjelasan :

public Rigidbody peluru;

Adalah proses pendeklarasian atau pengaksesan komponen Rigidbody yang ada di objek peluru, penggunaan public agar cara pengaksesan cukup di Drag di jendela kerja Unity.

Rigidbody peluruBaru

variabel peluruBaru digunakan untuk menyimpan peluru baru hasil Clone.

Instantiate(peluru, transform.position, transform.rotation)

Dibuat peluru baru menggunakan objek peluru dengan posisi dan rotasi awal adalah posisi dan rotasi objek yang sudah ditambahkan script “LatihanInstantiate”.



Klik objek “Posisi Awal” dan masukkan objek “Peluru” yang ada di dalam Prefabs ke kotak Peluru di script.



Jalankan game dan coba tekan klik kiri beberapa kali, maka akan mucul Clone dari peluru yang sudah diinstantiate.

SELESAI

Leave a comment

Your email address will not be published.


*