Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 24 – Nav Mesh Agent

Salah satu fitur yang disediakan NavMeshAgent adalah Path Finding, PF berguna untuk menemukan posisi target dengan menelusuri jalur terpendek.

MULAI



1. Tambahkan 3 Objek,  Alas(Cube), si Bola(Sphere) dan si Target(Capsule). Atur posisi seperti pada gambar di atas.

2. Buat C# Baru “LatihanNav”

3. Berikan script tersebut ke objek si Bola.



Buka jendela Navigation, jika belum ada pilih Window – Navigation.



Saatnya membuat jalur pathfinding pada objek alas, klik objek alas lihat jendela  inspektor. Pada jendela inspektor ceklis kotak “Navigation Static” dan klik Bake untuk memulai.



Maka hasilnya seperti gambar di atas.



Agar si Bola dapat menemukan jalur berikan komponen Nav Mesh Agent, Component – Navigation – Nav Mesh Agent.

Buka script “LatihanNav” dan tuliskan listing program berikut :

A. LatihanNav.cs

using UnityEngine;

using System.Collections;

public class LatihanNav : MonoBehaviour {

                public Transform targetPos;

                NavMeshAgent nav;

               

                void Awake () {

                                nav = GetComponent<NavMeshAgent>();

                }

                void Update () {

                                nav.SetDestination(targetPos.position);

                }

}

Penjelasan :

Pertama dideklarasikan terlebih dahulu posisi target menggunkan Transform.

NavMeshAgent nav

Adalah pendeklarasian komponen NavMeshAgen dengan nama variabel nav.

nav = GetComponent<NavMeshAgent>()

Variabel nav mengakses komponen NavMeshAgent yang ada pada objek bola.

nav.SetDestination(targetPos.position)

variabel nav membuat target posisi yaitu posisi objek si Target.









Klik si Bola dan lihat script Latihan Nav pada jendela inspektor. Masukkan objek si Target ke kotak Target Pos.



Jalankan game dan si Bola akan bergerak menuju si target.

SELESAI

Leave a comment

Your email address will not be published.


*