Unity C# Tutorial Indonesia : Basic 5 – Tipe Data dan Komponent C#

[info : tutorial ini akan selalu diupdate jika momon telah mempelajari tipe data terbaru]




Tipe data adalah jenis data yang mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan interprestasi data dan dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.



Pemahaman sederhananya seperti ini :
1. Variabel adalah wadah untuk sebuah data
2. Nah si Variabel mesti ditetapkan data apa yang boleh masuk ke variabel tersebut
3. Maka variabel itu diberi tanda menggunakan tipe data.



Tipe Data & Variabel C#

1. Numerik
Numerik adalah tipe data untuk variabel angka atau data yang dapat dioperasikan.

– Integer
Digunakan untuk data bilangan bulat seperti 1 ; 2 dan 3.
contoh : int umur = 20;


-Float
Digunakan untuk data pecahan seperti 2.09 ; 4.75.
contoh : float jarak = 7.23




2. Karakter
Tipe data untuk variabel karakter, huruf, kata atau kalimat.


– string
contoh : string info = “Misi Sukses”;




3. Logika
Tipe data ini hanya bernilai true dan false.


-Boolean
contoh : bool tertembak = false;




4. Objek Game
Tipe data yang khusus untuk menjelaskan atau mengidentifikasi objek di dalam game.


– GameObject
Adalah tipe data untuk mendeklarasikan objek di dalam game


contoh : GameObject player; public GameObject Musuh;


– Transform
Tipe data yang hampir sama dengan GameObject, Transform lebih fokus mengambil posisi objek itu berada.


contoh : Transform playerPosition;




5. Komponen

– Partikel
Mendeklarasikan partikel di dalam game
contoh : ParticleSystem partikelTembak;


– Animator
Digunakan untuk mendeklarasikan animator pada suatu objek
contoh : Animator anim;


– Light
Mendeklarasikan light atau pencahayaan
contoh : Light cahayaLampu;






-Bersambung

Leave a comment

Your email address will not be published.


*